Selasa, 30 Juni 2015

9 Kompetensi Bidan Beserta Contohnya

By Unknown di Juni 30, 2015


NAMA            : JUNITA MARPAUNG
NIM                : 141400**
KELAS           : B.11.1 BIDAN PENDIDIK

Kompetensi 1  :
Bidan memiliki persyaratan pengetahuan & ketrampilan dari ilmu sosial, kesmas & etik yg membentuk dasar darr asuhan yg bermutu tinggi sesuai dengan budaya untuk wanita, bayi baru lahir serta keluarganya.
Contoh 1         :
Pada suatu golongan masyarakat tertentu menganggap bahwa ibu yang sedang hamil tidak boleh minum air es karena dapat membuat ibu menjadi gemuk.
Jika dilihat dari sudut pandang kesehatan, ibu mengkonsumsi cairan selama kehamilan justru harus ditingkatkan untuk mengurangi keluhan sembelit selama kehamilan yang merupakan efek samping penggunaan vitamin yang mengandung zat besi. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk minum minimal 8 gelas air/hari.

Kompetensi 2  :
Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi, pendidikan kesehatan yang tanggap terhadap budaya, dan pelayanan menyeluruh di masyarakat dalam rangka meningkatkan kehidupan keluarga yang sehat, perencanaan kehamilan, dan kesiapan menjadi orang tua.
Contoh  2         :
Pada pasangan baru menikah sudah mulai untuk berkonsultasi pada bidan terkait tentang masalah kehamilan pertama, motode KB yang sesuai kebutuhan, dan mengenai persiapan-persiapan yang dilakukan secara baik dan benar sebagai calon orang tua nantinya.
Kompetensi 3 :
Bidan memberikan asuhan antenatal yang bermutu tinggi untuk mengoptimalkan kesehatan selama kehamilan yang meliputi: deteksi dini, pengobatan, atau rujukan untuk komplikasi tertentu.
 Contoh 3         :
Bidan menjelaskan pada ibu hamil mengenai teknik relaksasi & strategi ringankan nyeri pada persiapan persalinan, sehingga masalah nyeri selama kehamilan pada ibu hamil dapat teratasi, dan juga supaya ibu merasa tenang dan tidak cemas pada saat proses persalinan nantinya.

Kompetensi 4 :
Bidan memberikan asuhan yg bermutu tinggi, tanggap terhadap kebudayaan setempat selama persalinan, memimpin persalinan yg bersih & aman, menangani situasi kegawatdaruratan tertentu untuk  mengoptimalkan kesehatan ibu & bayi baru lahir.
Contoh 4         :
Setiap ibu hamil sering mengalami kecemasan saat akan memulai persalinan pada umumnya. Namun kecemasan yang berlebih dapat berpengaruh  pada proses dan hasil akhir persalinan. Ibu memerlukan kebutuhan psokologis berupa dukungan emosional dari bidan sebagai pemberi asuhan maupun dari pendamping persalinan baik suami/anggota keluarga ibu. Sehingga kecemasan sang ibu dapat berkurang dan ibu dapat merasa nyaman pada proses persalianannya.

Kompetensi 5 :
Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi pada ibu nifas dan menyusui terhadap budaya setempat.
Contoh            5         :
Bidan memberikan bimbingan pada Ibu yang positif terkena HIV untuk tidak mencemaskan dirinya yang tidak bisa menyusui bayinya. Karena saat ini, ibu yang positif HIV dapat menyusui bayinya secara eksklusif (6 bln) tanpa menularkan virus HIV tersebut, dengan mengkonsumsi obat antiretroviral. Sehingga kebutuhan nutrisi & gizi yang lengkap dapat tercukupi bagi bayinya.

Kompetensi 6 :
Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi & komprehensif pada BBL sehat sampai usia satu bulan.
Contoh 6         :
Pada ibu yang melahirkan bayi prematur, bidan memberikan asuhan segera pada bayi tersebut untuk mendapatkan perawatan khusus, sebab BB bayi tersebut tidak normal (<2000gr). Selama masa perawatannya ibu juga bisa membantunya dengan memberikan ASI untuk memenuhi kebutuhan bayinya, sehingga setelah BB bayinya bertambah (>2500gr) maka BB bayi tersebut telah dianggap normal.

Kompetensi 7 :
Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi, komprehensif pd bayi & balita sahat sampai usia 2 bulan – 5 tahun.
Contoh 7         :
Bayi & balita sangat rentan terhadap serangan berbagai penyakit atau gangguan kesehatan dikarenakan system imunnya yang belum terbentuk sempurna. Bidan memberikan asuhan pada ibu tentang pentingnya ASI ekslusif pada bayi (0-6bln), melakukan imunisasi (1-5thn), mengajari anak hidup sehat, serta memberikan asupan gizi seimbang yang cukup pada anak.

Kompetensi 8  :
Bidan memeberikan asuhan yang bermutu tinggi &komprehensif pd keluarga, kelompok, serta masyarakat sesuai dengan budaya setempat.
Contoh 8         :
Bidan memeberikan pembinaan & pelatihan bagi dukun bayi yang ada di desa-desa, supaya mendapatkan peningkatan pengetahuan yang lebih banyak dalam meningkatkan kesehatan ibu & bayi sehingga angka kematian ibu & bayi dapat menurun.

Kompetensi 9 :
Melaksanakan asuhan kebidanan pada wanita/ibu dengan gangguan reproduksi.
Contoh 9         :
Apabila terdapat seorang pasien yang mengalami PMS yang cukup berat, maka bidan akan melakukan kolaborasi/rujukan secara tepat sehingga dapat segera ditangani oleh tenaga medis ahlinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sage Femme Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea